Web
Analytics

Pegaggan mempunyai  nama latin cantelle herba, mempunyai  sifat sejuk, berkahasiat tonik, anti infeksi , antitoksik,antirematik, penghenti perdarahan (hemostatis), peluruh kencing ( di uretik ringan ), pembersih darah, memperbanyak saluran empedu, pereda demam (antipiretik), penenang (sedatif), mempercepat penyembuhan luka, dan melebarkan pembuluh darah tepi (vasodilator  perifer). Khasiat sedatif terjadi melalui mekanisme kolinergik di susunan saraf pusat.

Senyawa Aktif pada Pegagan

Pegagan mempunyai senyawa aktif Asiatikosida, brahmosida, asam madastik, betasiterol, betaelemena, betasisterol, betakaroten, dan brahminosida.

Manfaat Pegagan Untuk Kesehatan

  1. Pegagan kaya akan antioksidan, pelawan radikal bebas. Radikal bebas pencetus utama penyakit degenetarif spt kanker, kencing manis, ganguan jantung, stroke, dan parkinson. Radikal bebas merusak sitokinin, ketika sitokinin rusak sel2 imun tak mampu lagi mersepon sinyal2 bahaya saat virus atau kuman menyerang tubuh.
  2. Sifat asiatikosida yang terdapat dalam pegagan juga membantu kelancaran sirkulasi oksigen dan nutrisi serta melindungi sel2 otak, karena otak sangat sensitif terhadap oksidatif oleh radikal bebas karena kandungan asam lemak yang mudah teroksidasi sangat tinggi, kemampuan pegagan sebagai supplement otak setara dengan Ginkgo Biloba.
  3. Pegagan juga mampu menetralisir oksidan2 di permukaan kulit, proses regenerasi kulit pada luka lebih cepat, ini terjadi karena kemampuan pegagan memacu proliferasi sel fibroblast, fibroblast berperan besar pada penyembuhan luka karena kemampuannya dalam memproduksi substansi dasar pembentuk serat kolagen, serat yang mempertautkan tepi luka.
  4. Pegagan mempunyai kemampuan meremajakan kulit,mencegah penuaan dini, dan menghilangkan keloid. Antioksidan dari asiatioksida yang terdapat dalam pegagan juga membantu sirkulasi oksigen dan nutrisi serta menetralisir oksidan2 di permukaan kulit
  5. Kandungan zat antimikrobial pegagan bermanfaat membantu penyembuhan berbagai penyakit  (penelitian Obayed  Ullah dari Departemen Farmasi Southeast University, Bangladesh) pegagan membantu kesembuhan penderita wasir karena mengandung zat antibakteri dan zat antiinflamasi  yang mencegah peradangan, pegagan dengan zat anti bakeri dan antiinflamasi bekerja sekaligus, melawan bakteri dan mengurangi peradangan
WhatsApp WhatsApp Kami