Web
Analytics

Banyak peneltian sudah membuka tabir Kekayaan nutrisi yang terkandung dalam kelor, beragam vitamin, mineral dan asam amino terkandung dalam tanaman kelor, yang dahulu terkenal sebagai tanaman pengusir roh halus. Pemanfaatan kelor sebagai sumber nutrisi ternyata sudah banyak di aplikasikan di berbagai Negara, baik sebagai obat obatan, treatment kecantikan atau sebagai sumber nutrisi bagi bayi dan anak anak, adalah Negara seperti Togo, Senegal serta Mauritania, memanfaatkan kekayaan kandungan nutrisi dalam kelor untuk mengatasi masalah malnutrisi pada ibu hamil, bayi dan anak anak, berikut 5 manfaat kelor untuk bayi dan anak anak :

1. Kelor mengandung 7x vitamin C jeruk, 4x vitamin A wortel , 3x potassium pisang, 2x protein yogurt, 0,7x zat besi bayam, serta 4x kalsium susu. Saat kita mengkosumsi kelor itu sama dengan kita mengkosumsi multivitamin, berbeda dengan sayuran lain yang mengalami penurunan kualitas ketika sudah tidak segar, vitamin dalam kelor justru meningkat saat di keringkan, pada daun kelor kering mengandung 15x potassium pisang, 10x vitamin A wortel, 25x zat besi bayam, ½ x vitamin C jeruk, 17x kalsium susu, serta 9x protein yogurt, berikut tabel kandungan gizi kelor dalam polong, daun segar dan daun kering

2. Kelor bermanfaat untuk bayi dan anak anak karena mengandung asam amino leusin, tubuh memerlukan asupan leusin dari luar karena tubuh tidak dapat memproduksi sendiri leusin bermanfaat besar untuk pertumbuhan sel, dengan ber sinergi dengan isoleucine membentuk protein yang akan meningkatkan energi tubuh, seperti yang kita ketahui periode bayi dan anak anak adalah periode pertumbuhuhan jaringan sel, periode yang kita kenal sebagai periode emas.

3. Arginine, adalah asam amino yang terkandung dalam kelor dan mempunyai peranan besar untuk meningkatkan imunitas serta kekebalan tubuh,dengan mendorong pelepasan hormone pertumbuhan yang penting bagi pertumbuhan otot dan perbaikan jaringan. kandungan arginine dalam kelor segar mencapai 406.6 mg sedang pada daun kering mencapai 1.325 mg, di samping itu arginine mempunyai peranan melawan kanker serta menghambat pertumbuhan tumor, serta mempercepat pertumbuhan luka.

4. Metionin/ methionine , senyawa asam amino dalam daun kelor yang mencapai 117mg pada daun segar dan 350 mg pada daun kering, fungsi metionin adalah sebagai pemasok sulfur bagi tubuh yang menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku, serta berperan besar dalam menurunkan tingkat kolesterol, serta melindungi hati, ginjal, dan iritasi pada kandung kemih.metionin juga mendorong produksi lechitin di lever.

5. Valine, senyawa dalam kelor yang mempunyai kadar 374 dalam daun segar dan 1.063 mg dalam daun kering. Valine mempunyai peranan besar dalam meningkatkan ketajaman berpikir, koordinasi otot serta meredakan ganguan mental, emosional, dan insomnia.

Kadar asam amino yang berlimpah dalam daun kelor tidak mempunyai efek yang mengkwatirkan karena asam amino yang terkandung dalam kelor adalah asam amino nabati, yang tidak akan memperberat kerja ginjal berbeda dengan asam amino hewani yang membuat kerja ginjal lebih berat, demikian menurut Ahli gizi dari pusat Penelitian Gizi dan Makanan, Dr Mien Karmini (sumber trubus 501, agustus 2011/XLII & Biology and Medicine vol.3 spesial issue 27- 35,2011)

WhatsApp WhatsApp Kami